Tips Sukses Bisnis Menjalankan Usaha Sandiaga Uno

Usaha Sandiaga Uno – Memiliki bisnis atau usaha kecil-kecilan adalah merupakan cita-cita setiap orang yang ingin hidup mandiri, terlebih lagi bagi mereka yang tidak ingin menjadi PNS. Namun, dalam mengembangkan bisnis, seseorang seringkali kebingungan untuk memulainya dari mana.

Apakah kamu juga mengalaminya? Mungkin kamu membutuhkan sumber inspirasi guna melucuti semangat agar tetap membara, hehe. Kali ini Raja Pulsa akan coba membahas kisah sukses dan inspiratif dari salah satu pengusaha yang benar-benar memulai usahanya dari 0, orang tersebut adalah Sandiaga Uno.


Usaha Sandiaga Uno

Permulaan Karir Sandiaga Uno Muda

Pria kelahiran Pekanbaru, 28 Juni 1969 ini memulai kariernya sebagai seorang pegawai. Sandi merupakan lulusan dari Universitas Swasta Wichita (Wichita States University) dengan predikat summa cum laude. Selepas menyelesaikan studinya, Sandi mengawali kariernya di Bank Summa pada tahun 1990.

Setelah setahun bekerja, Sandi mendapatkan beasiswa dari kantornya, dia pun melanjutkan studinya di Universitas Washington George dengan IPK 4,00. Prestasi yang sangat gemilang bukan?

Selanjutnya, pada tahun 1993 Sandi bergabung di sebuah perusahaan di Singapura. Tidak lama setelah itu, Sandi berpindah untuk bekerja di sebuah perusahaan asal Kanada. Seiring terjadinya krisis ekonomi tahun 1997, perusahaan tempatnya bekerja bangkrut dan akhirnya Sandi menjadi karyawan yang di PHK.

Setelah di PHK Sandi langsung bergerak cepat dengan mencari pekerjaa baru dengan melamar di sejumlah perusahaan, namun hasilnya nihil.


Awal Petualangan Sandiaga Uno Melihat Peluang Usaha

Awal perjuangan Sandiaga dimulai dari sini guys. Pengalaman buruk yang dialami ketika dia bekerja membuatnya terpaksa memutar otak untuk mulai berfikir mandiri. Saat itu Sandi belum berfikir untuk membangun bisnis ataupun usaha sendiri, sandi bersama rekannya lebih memilih untuk menjadi seorang konsultan keuangan.

Alih-alih mendapat hasil yang memuaskan, usaha Sandi dan rekan lagi-lagi gagal total. Jasa konsultasi keuangan yang didirikannya malah dipandang sebelah mata oleh banyak calon kliennya.

Baru pada tahun 1998 Sandi bersama dengan Edwin Soerjadjaja mendirikan Saratoga Capital. Saratoga Capital merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang sumber daya alam dan infrastruktur.

Dari perusahaan itulah Sandi akhirnya berhasil mengepakan sayap hingga saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu pebisnis tersukses di Indonesia. Saat ini Sandi menjabat sebagai CEO Saratoga Capital, pimpinan PT Adaro Energy Tbk, PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, dan juga pendiri PT Recapital Advisor.

Prestasi Sandiaga ini ternyata juga terekam oleh Majalah Globe Asia edisi Agustus 2007. Sandiaga Uno dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia No. 122 dengan perkiraan kekayaan sebesar Rp 744 Miliar.

Sandiaga Uno memperoleh kekayaan sebesar itu melalui private equity firm yang didirikannya; yaitu Saratoga Capital yang didirikan pada tahun 1998 dengan partner utama Edwin Soeryadjaya dan Re-Capital yang didirikan pada tahun 1997 bersama sahabat lamanya Rosan Roslani.

Selain disibukkan dengan mengurus perusahaannya, Sandiaga Uno juga terlibat aktif sebagai anggota Komite Ekonomi Nasional dan bendahara Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia. Sandiaga juga berperan aktif dalam membantu perkembangan ekonomi level bawah dengan mendirikan komunitas Aksi Kewirausahaan Sosial Indonesia dan beberapa serikat UKM dimana masyarakat belajar berwirausaha.


Pencapaian Sandiaga Solahudin Uno


  • Jajaran Direksi PT Adaro Indonesia (Pertambangan Batu Bara – Kalimantan Selatan)
  • Jajaran Direksi PT Indonesia Bulk Terminal (Terminal Batu Bara – Kalimantan Selatan)
  • Jajaran Direksi PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia (Telekom Operator – Jawa Tengah)
  • Jajaran Direksi Interra Resources Limited (Minyak dan Gas)
  • Jajaran Direksi iFORTE Solusi Infotek
  • Presiden Komisioner PT Recapital Advisor, merupakan bank yang dibangun bersama Rosan Perkasa pada tahun 1997.
  • Manajemen Tim Nasional Bola Basket Putri Indonesia pada SEA GAMES 2005 di Manila, Filipina.
  • Penerimaan penghargaan sebagai Indonesian Entrepenur of The Year’ dari Entreprise Asia pada tahun 2008.
  • Fellow dan Delegasi Organisasi Asia 21 pada tahun 2008.
  • Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)
  • Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sejak tahun 2004

Perjalanan Karir Sandi Uno

Hingga saat ini, Sandi Uno telah memiliki pengalaman karir sebagai berikut:

  • Summa Group, Jakarta (Mei 1990-Juni 1993)
  • Seapower Asia Investment Limited, Singapura (Juli 1993-April 1994)
  • MP Holding Limited Group, Singapura (Mei 1994-Agustus 1995)
  • NTI Resources Limited, Calgary, Canada (September 1995-April 1998)
  • PT Saratoga Investama Sedaya (April 1998- sekarang)

Pemikiran Sandiaga Uno

 Berikut ini beberapa buah pikiran dari Bang Sandi yang kami kutip dari berbagai sumber:
 Kunci kesuksesan yang diterapkan Sandi Uno ialah: selalu menjunjung tinggi optimisme dan keberanian dalam memandang masa depan.”
Untuk bisa sukses tentu saja kita harus memiliki optimisme yang tinggiserta kerja keras dan menjaga kepercayaan. Selain itu, baginya target dalam hidup haruslah dimiliki, karena tanpa target, pencapaian yang ingin diraih akan sulit terwujud. Ada kalanya ketika berjuang dan berusaha di tengah perjalanan ditemui kegagalan dan kesalahan, dan di situlah sifat optimis diuji. Optimis ini diwujudkan dari usaha yang gigih dan terus berusaha memberikan yang terbaik.
 Bagi Sandi Uno, apabila kita terus mencoba untuk belajar dari kesalahan dan kegagalan (trial and error), maka hal itu akan mengantarkan seseorang pada puncak kesuksesan.
Sejak kecil kita sebenarnya sudah diajarkan untuk menjadi tangguh. Bagaimana saat kita masih kecil ketika belajar berjalan, kita sering jatuh, namun tetap saja kita tetap tertatih-tatih mencoba untuk berjalan.

Dalam bisnis, mungkin kita akan mengalami yang namanya kegagalan, namun tentu saja tidak semua kegagalan yang dialami oleh orang lain haru kita alami, ada baiknya juga agar kita mau belajar dari kegagalan yang pernah dialami oleh orang lain agar tidak kita alami.
Selain belajar dari kegagalan mereka, kita juga sebaiknya mempelajari bagaimana orang-orang sukses itu bangkit dari keterpurukan yang pernah mereka alami.

Sebenarnya, kegagalan itu juga akan menguji kita agar lebih memiliki kompetensi, kapasitas, dan kapabilitas diri juga merupakan bagian dari menuju kesuksesan.
Hal ini dikarenakan, menurutnya orang sukses ialah orang yang berbeda dan berani mengambil langkah berbeda dibanding lainnya.
Langkah berani ini merupakan suatu bentuk respon kesadaran akan adanya perubahan dan perkembangan menuju ke arah yang lebih baik. Dalam rangka mencapai kesuksesan, dalam diri individu tersebut haruslah ditanamkan motivasi untuk menjadi teladan, inspirasi, role model atau seseorang yang lebih bagus lagi di hadapan lainnya.
Kewirausahaan menurut Sandi Uno merupakan sebuah pola pikir. Hal tersebut menjadi seperti sebuah ide yang menjalar luas, terutama di kalangan anak muda. Sikap dinamis, penuh semangat, dan menyukai tantangan merupan hal yang erat kaitannya dengan anak muda.
Sifat-sifat positif yang dimiliki anak muda tersebut itulah yang akhirnya memberikan masa depan bagi dunia kewirausahaan di kalangan anak muda. Baginya, gaya hidup anak muda saat ini berkisar pada kerja keras, kerja cerdas, dan bermain sungguh-sungguh.

Gaya hidup positif tersebut akan melahirkan prospek bisnis dan perekonomian Indonesia juga semakin cerah. Prinsip kewirausahaan sendiri bagi Sandi bukan berarti meninggalkan sebuah pekerjaan untuk memiliki usaha sendiri, melainkan lebih kepada sebuah pola pikir untuk terus berinovasi dan berkreativitas.

Kewirausahaan selalu diidentikkan dengan kesuksesan yang diraih dalam usahanya dan mengabaikan latar belakang pendidikan orang sukses tersebut. Namun, Sandi Uno memiliki pandangan yang berbeda.
Baginya, kewirausahaan memerlukan kebijaksanaan, bukan intuisi belaka, sehingga diperlukan pengetahuan akan hal tersebut. Kewirausahaan bukan bertujuan untuk menjadikan orang kaya dalam sekejap melainkan menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih baik lagi. Prinsipnya, kewirausahaan bukan tentang diri sendiri, melainkan merupakan suatu bentuk kerjasama dengan orang lain. Kewirausahaan juga merupakan tentang memberikan manfaat bagi orang lain. Dalam menjalankan suatu usaha, tidak serta merta mengandalkan keberuntungan, melainkan harus disertai dengan kerja keras dan perencanaan yang benar.
Di sisi lain, Sandi Uno yang merupakan Ketua Komite Tetap UMKM memberikan perhatiannya pada UMKM yang merupakan pelaku mayoritas ekonomi di Indonesia agar diperhatikan lebih serius. Hal ini dikarenakan kendala yang menimpa UMKM akan mengganggu perekonomian bangsa.

Terdapat 3 masalah besar bagi pelaku UMKM: di antaranya yakni akses pasar, kualitas sumber daya manusia, dan pendanaan. Selama ini, menurutnya kebijakan pemerintah tidak mendukung kehidupan UMKM. Padahal pada kenyataannya, UMKM mampu menyokong perekonomian bangsa saat krisis terjadi dengan tetap bertahan menyedot 5-10 orang per unit usaha.

Selain disibukkan dengan dunia bisnisnya, Sandi Uno pun aktif dalam kegiatan lainnya. Hal ini terbukti dengan terpilihnya ia menjadi Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) pada tahun 2013.


Dan yang terkini, Sandiaga Uno ini berhasil menjadi wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017 – 2022 serta menjadi calon Wakil Presiden RI periode 2019 - 2024.


Tips Sukses Berbisnis Ala Sandiaga Uno

Sukses dalam berbisnis? Siapa sih yang tidak mau. Namun tentu saja untuk bisa mencapai sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan, ada banyak hal yang mesti kita lakukan, ada banyak hal yang harus kita perbaiki, ada banyak hal yang harus kita korbankan.

Berikut ini beberapa tip sukses menjalankan usaha Sandiaga Uno yang bisa kita contoh:


Kerja Keras dan Gigih

Tips sukses usaha Sandiaga Uno yang pertama adalah kerja keras dan gigih. Tentu saja untuk mencapai puncak yang tertinggi kita harus berusaha keras, karena tidak ada kesuksesan yang datang secara instant dan tanpa perjuangan.

Bang Sandi selalu berusaha keras meskipun sudah berkali-kali gagal dalam berkarier sebagai seorang pekerja awalnya, namun dengan berbagai ujian yang menerpa itu tidak membuatnya patah semangat. Jatuh bangun dalam meniti karier membuatnya semakin dewasa dan matang dalam berfikir.

Bagaimana perjalanan karier beliau di perusahaan multinasional kemudian diberhentikan, memperoleh pekerjaan kembali, mendapatkan kesempatan studi lanjut, memperoleh pekerjaan lagi hingga akhirnya diberhentikan lagi, lalu menjadi pengangguran.

Semua masa sulit itu akhirnya berhasil dilaluinya karena semangat juang yang dimilikinya begitu tinggi, hingga akhirnya membawa Sandi Uno pada puncak kesuksesan seperti sekarang ini.

Semua itu tentu bisa diraih oleh orang yang memiliki semangat kerja keras dan pantang menyerah.


Optimis

Optimisme harus dimiliki oleh semua orang, bukan hanya oleh wirausaha saja, semuanya. Semua manusia harus memiliki optimisme, ada pelangi dibalik hujan badai. Optimisme inilah modal untuk siapa saja bergerak dan memulai langkah.

Bagaimana misalnya kondisi krisis ketika 1997an, kemudian Sandi Uno tetap optimis melenggang menjalankan bisnisnya. Ia bahkan menerapkan rencana strategis brilian yang akhirnya mengarah kepada kemajuan usahanya. Upaya yang dilakukannya saat itu mungkin terlihat mustahil karena berjuang dan berjaya dalam krisis moneter merupakan hal yang sulit. Namun, Sandi Uno membuktikannya dan menjadikan perusahaannya berkembang pesat sejak saat itu.


Target jangka panjang

Target jangka panjang ini bisa juga dibilang sebagai harapan. Apa yang ingin kita raih? Apa yang akan kita dapatkan? Apa yang akan kita capai dalam waktu-waktu ke depan.
Jika kita meminjam istilah yang cukup populer, gantungkanlah cita-citamu setinggi bintang di langit. Kenapa? Jika kau tidak bisa menggapai langit, masih ada awan yang menjadi tempatmu bergantung.

Begitu juga dengan bisnis, kita harus memiliki target jangka panjang yang akan kita capai. Sehingga dengan target yang tinggi tersebut akan membuat kita lebih semangat dalam berusaha, juga akan lebih berhati-hati serta akan lebih kreatif.

Sandi Uno telah memiliki aset di sektor tersebut satu dekade yang lalu. Begitu pula dengan rencana pengembangan usahanya di bidang ‘consumer goods’ yang menurut prediksi bisnisnya akan berkembang pesat pada tahun-tahun mendatang.


Jalin Relasi

Mau bisnis sendiri? Bisa sih, tapi tentu saja bisnis yang kita jalankan akan memiliki skop jangkauan yang kecil. Karena semakin banyak relasi kita semakin besar peluang bisnis yang bisa kita jangkau.

Bang Sandi sendiri dalam menjalankan bisnisnya ia bermitra dengan rekan-rekan dari berbagai kalangan. Saat sedang mengembangkan strategi bisnisnya, metode yang digunakan Sandi Uno pun dalam bentuk negosiasi dengan pihak-pihak investor asing.
Hal inilah yang menjadikan Sandi Uno memiliki banyak mitra dan relasi yang membuatnya dipercayai dalam berbagai hal termasuk organisasi. Hal ini misalnya dengan terpilihnya Sandi Uno sebagai Ketua HIPMI, Ketua Komite Tetap KADIN, dan organisasi-organisasi lainnya.


Berwirausaha = Berbagi

Jangan lupa juga ketika kita berbisnis prinsip utamanya adalah sharing. Anda harus bermitra untuk menjalankan roda bisnis yang akan semakin kompleks.

Bang Sandi merupakan salah satu pebisnis muda Indonesia yang memiliki jiwa kedermawanan tinggi. Baginya, seorang pebisnis memiliki pintu yang lebih lebar serta kesempatan yang lebih luas untuk berbagi dengan lainnya. Berbagi ini bisa diaplikasikan dalam berbagai hal.

Hal ini dikarenakan berbagai merupakan salah satu bentuk dari perwujudan syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Berbagi dalam konteks apapun dan dengan cara apapun bukan merupakan masalaha asalkan dilandasi oleh hati yang tulus ikhlas untuk memberi.


Daftar Usaha Sandiaga Uno yang Wow!!!

Kira-kira apa saja sih usaha Sandiaga Uno ini? Sudah dijabarkan diawal sebenarnya, tapi tidak ada salahnya kalau kita list saja daftar perusahaan miliki Sansiaga Uno yang sudah terkenal di masyarakat, berikut ini diantaranya:

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk

Saratoga tidak bisa lepas dari nama Sandiaga Uno. Pada tahun 2016 saja, perusahaan milik Sandiaga Uno ini menyumbangkan dividend sebesar 401 milliar ke pemegang saham. Sandiaga sendiri mempunyai 27,7% saham. Saratoga menjadi perusahaan holding untuk berinvestasi ke perusahaan-perusahaan besar milik mereka lainnya. Saratoga juga dimiliki oleh Edwin Soeryadjaya dan Michael Soeryadjaya, dua anak William Soeryadjaya, pendiri Astra sekaligus guru Sandiaga Uno ketika masih muda.


PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk

Perusahaan miliki Sandiaga Uno yang pertama adalah PT. Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang bergerak di bidang otomotif. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan ini memiliki penjualan tahunan hingga 16,1 trilliun dengan keuntungan mencapai 487 milliar rupiah.

Mungkin anda pernah menggunakan MPM finance ketika membeli membeli motor/mobil, kemudian anda cicil. Nah MPM sangat dekat dengan rakyat kecil di Indonesia mengingat bisnis financing kendaraan bermotor mereka sangat besar dan banyak digunakan oleh masyarakat.


PT Provident Agro Tbk

Perusahaan miliki Sandiaga Uno selanjutnya adalah PT Provident Agro Tbk.  Perusahaan ini bergerak dibidang kelapa sawit. Kalau di bursa saham dikenal dengan sebutan PALM. Perusahaan ini merupakan salah satu penguasa pasar kelapa sawi. t di Indonesia.

Pada 2014, perusahaan ini mengantongi laba bersih 168 milliar hanya dalam 4 bulan. Mengingat pasar sawit yang masih berada di tren positif, serta usia rata-rata perkebunan milik Provident adalah 7 tahun yang merupakan masa produktif kebun sawit, perusahaan ini diperkirakan akan terus tumbuh dan menjadi besar.


PT Adaro Energy Tbk

Adaro sendiri merupakan salah satu raksasa Batubara di Indonesia. Perusahaan tambang batubara terbesar di Indonesia ini memproduksi 56,2 juta ton batu bara pada 2014. Tidak tanggung-tanggung, perjualannya tercatat mencapai 3,3 milliar dollar dan keuntungan mencapai 183,5 juta dollar.

Jumlah keuntungannya saja kalau dirupiahkan mencapai 2 trilliun rupiah. Meskipun pasar batu bara sedang tidak menentu, produksi Adaro Energy yang besar membuat prospek mereka masih sangat besar. Bahkan, Adaro ini merupakan salah satu produsen batu bara terbesar di Indonesia.

Di Adaro Energy, Sandiaga Uno merupakan salah satu direktur, sedangkan saham terbesarnya dipegang oleh salah satu orang terkaya di Indonesia juga, Garibaldi Thahir. Selain Sandiaga Uno dan Garibaldi Thahir, ada nama yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia juga, Teddy Rahmat.


PT Medco Power Indonesia

Selanjutnya, PT Medco Power Indonesia (MPI) masuk dalam daftar perusahaan miliki Sandiaga Uno yang menyumbangkan kekayaan ke kantong belia. Perusahan ini bergerak dibidang pembangkit listrik dengan new energy menggunakan panas bumi.

Untuk membuat pembangkit listrik ini, Medco telah berhasil mendapatkan pendanaan sebesar 1,17 milliar dollar atau setara dengan sekitar 14 trilliun rupiah. Medco Power Indonesia sendiri merupakan perusahaan yang diinvestasi oleh Saratoga dan Medco Energy, salah satu perusahaan energy terbesar di Asia.


PT Tower Bersama Infrastructure Tbk

Selanjutnya, perusahaan yang tidak kalah miliki Sandiaga Uno yang tidak kalah besarnya adalah PT Tower Bersama Infrastructure Tbk.

Tidak tanggung-tanggung, perusahaan ini memiliki angka pertumbuhan yang sangat besar, yakni 20an persen tiap tahunnya. Tercatat penghasilan mereka di tahun 2014 mencapai 2,7 trilliun. Perusahaan ini bergerak di bidang telekomunikasi. Meskipun jarang terdengar, peran Tower Bersama dalam membangun Indonesia sangatlah besar.

Mereka merupakan salah satu perusahaan pembangun menara telekomunikasi terbesar di Indonesia. Tanpa menara-menara yang mereka bangun, perusahaan provider telco tidak bisa maksimal dalam memberikan pelayanan.

PT Lintas Marga Sedaya

Terakhir, perusahaan miliki Sandiaga Uno yang tidak kalah besarnya adalah PT Lintas Marga Sedaya. Perusahaan ini menguasai industri infrastruktur.

Sedikit info menarik dari pembangunan Tol Cikampek ke Palimanan, dikutip dari Detik, pembangunan tol Cikampek ke Palimanan dilandasi oleh keinginan personal juga dari Sandiaga Uno. Ibunda dari Sandiaga berasal dari Indramayu sedangkan Edwin Soeryadjaya yang merupakan partner utamanya juga berasal dari Majalengka. Sandiaga merasa pembangunan infrastruktur tol ini merupakan hadiah untuk orang tuanya dan orang tua dari Edwin Soeryadjaya.

***
Nah, begitulah perjalanan karier Sandiaga Uno hingga menjadi pengusaha sukses seperti sekarang ini. Apakah kamu juga bercita-cita menjadi seperti Sandiaga Uno? Semoga kisah sukses ini bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk dalam memulai usaha yang menjanjikan ya.


Demikianlah ulasan seputar usaha Sandiaga Uno yang bisa Raja Pulsa rangkum untuk anda. Jangan lupa juga untuk menerapkan seluruh tips sukses ala Sandiaga Uno di atas untuk melejitkan usaha yang sedang anda rintis.

0 Response to "Tips Sukses Bisnis Menjalankan Usaha Sandiaga Uno"

Posting Komentar