Tips Sukses Wanita Dalam Berbisnis

Tips Sukses Wanita Berbisnis - Banyak wanita yang terjun ke dunia bisnis sering merasa terasing dalam dunia tersebut yang banyak didominasi oleh kaum adam. Disamping itu, wanita dinilai kurang fokus dalam menjalankan bisnis dan takut untuk lebih mengembangkan bisnisnya. Agar tak banyak para wanita berbisnis yang terjebak dengan kesulitan menjalankan bisnisnya, berikut adalah tips bisnis untuk Anda:

Tips Sukses Wanita Dalam Berbisnis

1. Fokus pada Kelebihan, Lalu Aplikasikan

Pelajari apa yang menjadi kelebihan, minat, bakat dan kekuatan yang ada pada diri Anda, lalu kerjakan dengan sebaik-baiknya. Fokuskan 80% waktu Anda untuk melakukan hal-hal yang benar-benar Anda sukai/ hoby Anda, dan Anda mampu untuk mengerjakannya. Janganlah membuang waktu untuk melakukan apa yang tidak Anda sukai atau tidak mampu Anda kerjakan dengan baik. Atau jika perlu cari orang lain yang bisa membantu Anda dalam menjalankan yang terbaik untuk bisnis Anda.

2. Prioritaskan Diri Sendiri

Bisnis yang sedang berkembang membutuhkan banyak waktu dan perhatian khusus. Kebanyakan wanita berbisnis meletakkan kepentingan diri mereka pada prioritas nomor tiga atau empat, bukan pada prioritas pertama. Jadi beranikan diri Anda untuk meletakkan kepentingan diri dan bisnis Anda pada prioritas pertama, maka yang lain akan berjalan mengikuti.

3. Belajar untuk berkata “Tidak”

Menurut sebuah penelitian, wanita berbisnis terlalu berkomitmen terhadap hal-hal yang sebenarnya tidak berkaitan dengan bisnis. Karena mereka tidak berani menolak karena takut menyakiti pihak lain atau ada alasan lain. Pikirkanlah sekali lagi, secara matang sebelum mengatakan “Ya” kepada partner-partner bisnis yang ingin bekerjasama dengan Anda atau beberapa investor yang tertarik dengan bisnis Anda, yang biasa terjadi terutama pada tahun-tahun pertama pendirian usaha Anda. Disinilah Anda harus tegas untuk berkata “tidak” untuk hal-hal yang kurang perlu dalam menjalankan bisnis Anda. Jika diperlukan, konsultasikan terlebih dahulu kepada rekan-rekan bisnis yang Anda percayai atau kepada seorang pakar bisnis.

4. Merencanakan Kesuksesan

Tanpa ada perencanaan, bisnis akan mudah ambruk. Merencanakan sukses berarti Anda memiliki visi ke depan dan mampu menyusun langkah untuk meraih tujuan. Buat outline tujuan bisnis dan langkah-langkah untuk mencapainya.

5. Minta Dukungan

Jangan berpikir Anda adalah seorang Wonder Woman yang mampu menyelesaikan segala sesuatunya sendiri. Jika menemui kesulitan, jangan ragu untuk meminta bantuan dan motivasi bisnis kepada kolega, para senior dalam bisnis, konsultan bisnis, atau bahkan keluarga atau suami Anda.

6. Percaya Pada Diri Sendiri

Sebagian besar wanita berbisnis merasa minder bila berada di tengah-tengah pengusaha yang terlalu didominasi para pria. Jangan minder. Justru karena Anda wanita untuk “diperhatikan”. Gunakan hal tersebut, seperti meminta sharing pengalaman dari beberapa pebisnis/pengusaha senior.

7. Pembukuan Sederhana

Bila tidak mampu untuk menyusun pembukuan seperti perusahaan multinasional, buatlah pembukuan secara sederahana saja ala UKM. Asal rapi, urut dan benar, pihak bank akan memperhatikan bila Anda mengajukan kredit. Pembukuan juga harus membantu Anda megetahui apa yang terjadi dalam bisnis. Bila ada yang salah, Anda bisa memutuskan hal-hal strategis.

0 Response to "Tips Sukses Wanita Dalam Berbisnis"

Posting Komentar