Cara Flashing / Install Ulang Android

Cara Flashing / Install Ulang Android – Pada kesempatan ini artikel yang akan saya buat berkaitan dengan android cara flashing atau install ulang android. Artikel  ini saya buat karena masih ada banyak kawan kita yang memiliki android tapi masih belum bisa melakukan flashing pada android miliknya. Nah disini akan saya paparkan sedikit apa itu flashing/ install ulang. Flashing/ install ulag merupakan teknik dalam proses install ulang sistem operasi yang berfungsi untuk memperbaiki atau memperbaharui software yang sudah rusak. Selain itu flashing/install ulang juga bisa digunakan untuk mengupgrade sistem operasi android.

Flashing ini sangat baik untuk merefresh kondisi handphone kita. Dan lebih bagus lagi kalo anda sering upgrade software android anda. agar Bug yang ada dalam aplikasi android yang lama kita itu bisa diperbaiki. Memang, agak membutuhkan waktu, tetapi menurut saya itu adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik android.

Kalau ditanya berapa kali saya melakukan flashing atau instal ulang android, saya sudah melakukan hal ini berulang kali. Alhamdulillah, hampir semua tipe android yang sudah saya install ulang, semuanya berjalan dengan baik. Sebenarnya, untuk melakukan flashing ini tidak begitu sulit. Semua tipe android itu bisa dilakukan install ulang, tergantung kepada anda yang melakukanya. Tapu tenang saja, dalam artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana caranya untuk bisa melakukan flashing.

Cara Flashing / Install Ulang Android

Cara Flashing / Install Ulang Android

Untuk melakukan flashing atau install ulang android, yang harus dipersiapkan antara lain seperti:

  1. android, usahakan kondisi baterai minimal terisi 75% Syukur syukur kalau kondisi batrei anda dalam keadaan 100% dan jangan lupa  untuk melepaskan memory sdcard pada android anda.
  2. Odin
  3. Samsung usb driver, Biasanya ada dalam driver CD yang ada dalam box handphone kita.
  4. Kabel data dan komputer
  5. Firmware samsung galaxy s4 mini

Setelah kelima komponen diatas sudah di penuhi, maka dengan begitu kita bisa memulai proses  flashing/install ulang android. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. kita harus menginstall terlebih dahulu samsung usb driver yang sudah diunduh di komputer. Setelah di install, kemudian kita restart komputer. Jika sudah di restart lihat di bagian tray icon pada bagian kanan bawah. Apakah disana ada icon kies, jika ada harus di close (tutup) icon tersebut. 
    NB : Bagi  yang sudah menginstall (usb driver) atau kies, bisa melewati langkah pertama ini.
  2. kita harus mengekstrak firmware yang sebelumnya sudah kita unduh/download di komputer. File yang telah diekstrak tersebut ada dua file, yang pertama file firmware yang ukurannya besar dan yang satu file system berukuran kecil. File system yang ukurannya kecil tersebut tidak akan kita gunakan.
  3. Odin. Kita harus mengunduhnya terlebih dahulu, jika sudah diunduh  kita juga harus mengekstrak juga di komputer lalu kita harus menjalankan (odin v3.09). Maka akan ada tampilan odin di komputer tersebut.
  4. kita harus mematikan perangkat android jika masih dalam keaadan hidup. Jika sudah mati, kita hidupkan kembali android dengan menekan sambil menahan tombol ‘volume bawah + home + power’. Disini kita akan melihat warning atau peringatan, peringatan tersebut abaikan saja dengan menekan tombol ‘volume atas’ seketika akan masuk ke ‘mode download’.
  5. kita sambungkan perangkat android  “dalam keadaan download mode” dengan menggunakan kabel data (usb) ke komputer. Kita lihat pada bagian aplikasi odin, kita tunggu sampai kita melihat port (#com) menjadi warna kuning atau biru. Itu berarti perangkat kita sudah tersambung atau terkoneksi, lihat juga di kotak kiri bawah akan ada tulisan (added).
  6. kita klik ‘PDA’ kemudian pilih firmware ‘I9190DXUAMK2_I9190OLBAMK3_I9190DXUAMK2_HOME.tar.md5′  yang sudah kita ekstrak di komputer.
  7. kita lihat dan perhatikan bahwa ‘re-partition’ jangan sampai “diceklis”. jika sudah, tinggal kita mengklik tombol ‘start’ pada odin. Seketika odin akan mengadakan proses flashing/install pada android kita. Kita tunggu sampai  proses selesai, biasanya akan ada tulisan ‘pass’  warna hijau. Itu artinya proses flashing/install ulang sudah selesai dilakukan.
  8. kita reboot android dan congratulation android sudah berhasil di install ulang.

Mudahkan cara flashingnya, jangan lupa berdoa agar dapat melakukan flashing/ install ulang berjalan dengan lancar. Kalian bisa  lakukan sendiri di rumah atau dimana saja dengan melalui step by stepnya. Sekian artikel tentang Cara Flashing / Install Ulang Android atas kunjungannya disampaikan terimakasih. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Flashing / Install Ulang Android"

Post a Comment