5 Tips Jualan Pulsa Agar Tidak Rugi dan Usaha Terus Berkembang

Berjualan pulsa termasuk usaha yang mudah untuk dilakukan, mulai dari karyawan, pedagang kelontong, ibu rumah tangga, hingga pelajar. Namun, dalam menjalankannya cara mengembangkan bisnis pulsa perlu ketelitian dan strategi khusus agar usaha tahan lama dan terus memberikan keuntungan bahkan berkembang menjadi lebih besar. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana tips jualan pulsa agar tidak rugi. Simak selengkapnya.

5 Tips Jualan Pulsa Agar Tidak Rugi dan Usaha Terus Berkembang

1. Pilih Distributor Pulsa yang Tepat

Seperti berdagang pada umumnya, hal pertama yang harus Anda cari adalah barang dagangan. Dalam hal ini, Anda harus mencari pemasok pulsa terlebih dahulu sebelum mulai bisnis jual pulsa dan token listrik. Namun, dalam cara bisnis pulsa dan kuota jangan asal dalam memilih distributor. Pertama, pastikan distributor memiliki izin usaha yang sah, memiliki kantor operasi, dan memberikan layanan yang baik untuk para agen seperti Raja Pulsa di Magetan. 

Tak hanya menawarkan harga murah, Raja Pulsa juga menyediakan sarana promosi, customer service yang tanggap, dan layanan bersahabat. Jika salah memilih distributor atau server, sangat mungkin Anda mengalami masalah seperti pengiriman pulsa sering terlambat, saldo deposit hangus, atau pulsa tidak masuk ke nomor pembeli. Akibatnya pembeli tak akan datang lagi ke tempat Anda.

2. Tentukan Harga Jual Pulsa

Cara menentukan harga jual pulsa tidak boleh sembarangan hanya mengejar keuntungan semata. Lakukan survei harga ke beberapa konter atau penjual pulsa di sekitar Anda untuk mendapatkan gambaran harga yang pas. Pastikan harga pulsa di tempat Anda tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Ambillah keuntungan jualan pulsa yang wajar asalkan penjualan pulsa stabil. Jika terlalu tinggi tentunya pembeli akan lebih memilih membeli di tempat lain dan jika terlalu rendah pastinya keuntungan yang didapat sangat sedikit serta berisiko rugi.

3. Lakukan Promosi dengan Benar

Promosi sangat penting untuk mengenalkan produk dan menjaring lebih banyak pembeli. Kegiatan promosi tidak harus dilakukan dengan menggelontorkan dana modal jualan pulsa yang banyak. Mulai saja dengan promosi yang gratis seperti posting di media sosial, story WhatsApp, atau tawarkan secara langsung kepada teman-teman dan saudara. Jika ada anggaran lebih, Anda dapat mencetak selebaran dan membagikannya kepada orang-orang di tempat ramai tak jauh dari tempat berjualan, misalnya pasar atau perempatan jalan.

4. Bijak Memberikan Utang

Salah satu tips jualan pulsa agar tidak rugi yang sangat penting adalah pikir berulang kali sebelum memberikan utang pulsa. Biasanya, orang-orang yang mengaku darurat sangat memerlukan pulsa akan meminta nominal kecil untuk diutang. Nyatanya, nominal yang kecil seperti 5.000 atau 10.000 sering disepelekan sehingga mereka enggan membayar karena beranggapan itu adalah uang kecil. Sebaliknya, bagi penjual, itu adalah modal beserta keuntungan yang hilang. 

Jika hal ini terus terjadi, maka tinggal menunggu waktu saja untuk usaha Anda gulung tikar. Jadi, jangan memudah-mudahkan memberi utang pulsa. Boleh saja mengutangi pulsa asalkan yang berutang berpotensi tinggi untuk membayar dan Anda tidak segan untuk menagihnya sampai dapat.

5. Tetap Konsisten dengan Bisnis Anda

Di awal berjualan apa pun, tak terkecuali cara jualan pulsa, selalu saja ada kendala. Hal ini karena Anda belum berpengalaman dan belum menemukan cara yang tepat untuk mengelola bisnis tersebut.

Kalau keuntungan jual pulsa perbulan masih sedikit, ada masalah di sana-sini, jangan cepat menyerah. Terus konsisten menjalankannya sambil berkonsultasi dengan yang sudah ahli dan tetap belajar menambah ilmu tips bisnis pulsa untuk pemula.

Nah, sesudah mempelajari tips jualan pulsa agar tidak rugi, saatnya memulai bisnis ini secepatnya. Segeralah mendaftar sebagai master dealer atau agen Raja Pulsa dan mulailah petualangan bisnis pulsa yang seru dan menguntungkan.