Cara Memperbaiki Android Yang Hang dan Restart Sendiri

Cara Memperbaiki Android Yang Hang dan Restart Sendiri | Android sering kali mengalami hang atau respon yang lama apabila kita sebagai pemakai android tidak android yang kita gunakan. Masalah yang seperti itu mungkin terjadi kepada sebagian atau banyak dari pengguna android. Pengalaman pengguna android yang sering terjadi dari proses program aplikasi pada android yaitu android yang hang dan mengalami restart dengan sendirinya. Penyebab dari android yang not responding atau sering hang tersebut sering sekali dikaitkan dengan lambatnya kinerja memori yang tidak kuat untuk membuka berbagai aplikasi pada android. Selain itu juga karena kurangnya perawatan terhadap sistem aplikasi android atau perangkat perangkat yang ada pada android tersebut.

Masalah hangnya android sering sekali menggangu saat kita akan membuka aplikasi atau program di dalamnya. Kebiasaan Hang itu karena kita sedang memainkan aplikasi android yang memang membutuhkan memory atau kapasitas yang besar pada handphone android kita itu. Wajarlah karena memanga game android yang membutuhkan memory yang besar itu biasanya lebih bagus dari yang membutuhkan kapasitas memorinya yang kecil. Tapi tidak semuanya sama ya? hehee…


Cara Memperbaiki Android Yang Hang dan Restart Sendiri


Berbagai cara memperbaiki android yang hang dan restart sendiri yang mungkin bisa kita lakukan yaitu seperti merestart atau menscan android yang kita miliki. Cara tersebut memang bagus untuk mengatasi android yang hang dan restart sendiri atau not responding dari android tersebut, akan tetapi cara ini mungkin hanya dapat bersifat sementara disebabkan mungkin android yang kita miliki akan kembali hang atau tidak merespon sama sekali.

Untuk cara memperbaiki android yang hang dan restart sendiri ada baiknya kita perlu mengetahui beberapa penyebab kenapa android kita bisa sering hang :

Cara Memperbaiki Android Yang Hang dan Restart Sendiri

1. Kinerja RAM Berlebihan

RAM android tidak sepenuhnya dapat digunakan secara total di android dikarenakan ada program-program aplikasi dalam android yang penggunaan RAMnya tidak kita ketahui. Dimana besarnya kapasitas RAM android sangat berpengaruh dalam kinerja semua perangkat android termasuk juga aplikasi atau beberapa sistem yang digunakan dalam android tersebut. Aplikasi yang tersimpan baik yang sudah digunakan, yang belum digunakan atau yang sedang digunakan semua akan dikontrol oleh RAM android tersebut. Oleh karena itu untuk mengatasi agar RAM android tersebut dapat bekerja secara normal dan baik, maka gunakan dan install aplikasi yang memang benar-benar kita butuhkan. Cara yang dapat digunakan untuk mengatasi pemakaian RAM yang berlebihan ini kita dapat menggunakan aplikasi Task Killer.


2. Memory Internal Penuh

Memory internal yang penuh juga merupakan salah satu penyebab sering hangnya android, hal itu terjadi karena kapasitas memory yang sudah tidak memadai lagi. Cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, maka kita memerlukan sebuah aplikasi android di dalam Memory Eksternal/SD Card yang dapat berguna untuk mengurangi beban dari memory internal android tersebut. Perhatikan juga aplikasi yang ada dalam android kita, tentukan juga dengan besar kapasitar memorynya agar dapat sesuai dengan besar memory yang dipakai.


3. Aplikasi Yang Crash / Rusak

Perangkat android terkadang sering mengalami hang karena crash. Dimana aplikasi yang terinstall dalam android mungkin terdapat kendala seperti halnya corrupt atau file yang ada tidak sempurna, hasilnya program tersebut menjadi error saat kita akan membukanya atau menjalankannya. Hal tersebut mengakibatkan perangkat lain yan terdapat dalam android juga ikut mengalami error atau hang. Oleh karena hal tersebut juga menyebabkan system menjadi error. Untuk itu kita harus segera melakukan fix atau membuang aplikasi yang benar-benar memang sudah tidak dapat dipakai untuk meminimalisir tingkat error atau hang yang terjadi pada android tersebut.


4. Terkena Serangan Virus

Virus juga dapat menjadi hal yang perlu dicurigai sebagai salah satu penyebab dari android yang sering mengalami hang. Adanyanya virus dalam android justru dapat menyebabkan memori pada android menjadi lebih lambat, sehingga menyebabkan semua program dalam ondroid juga ikut terkena dampak dari itu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka kita harus sekali-kali melakukan scan pada android secara teratur dan rutin supaya android tetap terhindar dari adanya virus yang mungkin juga dapat masuk dari berbagai aplikasi yang sering sekali kita install dalam android.

Itulah beberapa cara memperbaiki android yang hang dan restart sendiri. Perlu diperhatikan juga bahwa kita haru selalu merawat perangkat pada android kita sendiri-sendiri supaya kinerja dari android kita lebih baik. Kita juga harus memperhatikan aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam android tidak sampai berlebihan supaya memory ponsel tidak terpakai secara berlebihan. Jika cara diatas masih tidak bisa dipergunakan, silahkan anda mencoba dengan Cara Flashing / Install Ulang Android. Semoga ini semua bermanfaat.

0 Response to "Cara Memperbaiki Android Yang Hang dan Restart Sendiri"

Post a Comment